Selamat Datang di JDIH Kabupaten Sumbawa Barat

Syukur Alhamdulillah, atas limpahan Rahmat dan Karunia Allah SWT, sehingga Jaringan Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Sumbawa Barat dapat terealisasi di Tahun 2019 ini. 

Pemerintah Daerah sebagai salah satu anggota JDIH wajib membentuk Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di lingkungannya sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, inilah kemudian yang menjadi landasan lahirnya Website JDIH di Kabupeten Sumbawa Barat.

Bahwa keberadaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Sumbawa Barat ini, merupakan salah satu bentuk implementasi dari fungsi dan tugas pokok Bagian Hukum Sekretariat Dearah Kabupaten Sumbawa Barat dalam penyelenggaraan administrasi, sistem informasi, fasilitasi, pemantauan dan evaluasi di Sub.Bagian Dokumentasi dan Informasi Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat.

Di era Globalisasi dan Reformasi ini, peran teknologi dan informasi sangat menentukan sekali dalam pemenuhan informasi publik, sehingga pelayanan informasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien melalui pemanfaatan teknologi informasi berupa Jaringan Website mengenai Dokumentasi dan Informasi Hukum.

Untuk keseragaman Informasi Hukum antara Pemerintah Pusat dengan Provinsi dan Kabupaten/Kota diperlukan sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum  melalui Website yang terintegrasi, sehingga dapat memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat. Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Sumbawa Barat adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum yang tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian informasi hukum secara lengkap, akurat mudah dan cepat. 

Adapun tujuan adanya JDIH Kabupaten Sumbawa Barat adalah :

·        Menjamin terciptanya Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang terpadu dan terintegrasi di Kabupaten Sumbawa Barat;

·        Menjamin ketersediaan Dokumentasi dan Informai Hukum yang lengkap dan akurat serta dapat di akses secara cepat dan  mudah;

·        Mengembangkan kerjasama yang efektif antara pusat jaringan  dengan anggota jaringan dalam rangka penyedian Dokumentasi dan Informasi Hukum;

·        Mrningkatkan kualitas  Informasi Hukum Kepada masyarakat sebagain salah satu wujud Tata Kelolah Pemerintah yang baik, transparan,efektif, efesien dan bertanggung jawab.

Besar harapan kami, dengan adanya Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) ini, kiranya dapat meningkatkan peran serta, kesadaran dan pengetahuan hukum bagi Aparatur Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupeten Sumbawa Barat khususnya maupun khayalak umum lainnya.

Demikian sekilas pengantar dari kami, Pengelolah Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Sumbawa Barat, kami sadar bahwa diumur Website kami yang sangat muda ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan. Diperlukan upaya perbaikan, inovasi dan evaluasi yang berkesinambungan sehingga kedepan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten Sumbawa Barat menjadi lebih baik lagi.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Kepala Bagian Hukum

Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat